Thursday 29 October 2015

Cara Memasang Piezzo Pickup plus Equalizer pada Gitar Akustik

Memiliki sebuah gitar akustik dengan  pickup (transducer) yang menyatu sering menjadi impian seorang gitaris. Fasilitas ini menawarkan kemudahan ketika akan tampil di atas panggung; tinggal dihubungkan ke amplifier, selanjutnya ready to action. Namun bagaimana jika gitar yang sudah dimiliki tidak memiliki "kemewahan" tersebut? Jangan khawatir, saat ini di beberapa toko musik telah menyediakan piezzo pickup yang di jual tersendiri, baik baru maupun bekas. Untuk mereka yang di kotanya tidak ada toko yang menjual alat ini, masih dapat memperolehnya melalui toko-toko musik online.

Nah, ketika barang sudah dibeli, ternyata banyak yang bingung bagaimana cara memasangkan alat ini ke gitar mereka. Jujur saja, untuk memasang piezzo pickup, memang butuh sedikit kenekadan atau "ketegaan" untuk membuat lubang di gitar kesayangan anda.

Saya tidak menyarankan untuk melakukan ini, jika gitar anda termasuk kategori gitar mahal, karena ada resiko anda akan merusak gitar kesayangan, terutama jika menggunakan tools yang kurang tepat.
Jadi saya ingatkan "do it with your own risk".

Setidaknya ada dua atau tiga lubang yang harus dibuat pada body gitar anda. Lubang yang paling kecil ada di bagian bridge, dibawah saddle gitar, untuk menyalurkan kabel mic piezzo (yang bentuknya seperti lidi) ke dalam bodi gitar. Adapun lubang yang cukup besar adalah untuk equalizer dan kotak baterai. Hal ini tergantung bentuk pre amp equalizer dan kotak baterai yang ingin dipasang. Ada equalizer yang terpisah dari kotak baterai dan ada yang menyatu.

Langkah awal yang dilakukan adalah melakukan pengukuran dan positioning bagian-bagian dari piezzo pickup beserta equalizernya. Beri tanda ukuran dan posisi equalizer dan kotak batere dengan menggunakan selotip. Lakukan proses ini dengan presisi, sebelum membuat lubang.

Setelah itu lepaskan semua tali gitar dan lepaskan saddle (plastik pipih/gading) dari bridge, lalu dengan menggunakan bor PCB, buatlah lubang kecil di ujung bridge sebelah kiri dengan ukuran yang sesuai dengan kabel mic piezzo.

Selanjutnya dengan menggunakan gergaji kecil atau bor gergaji, buatlah lubang untuk equalizer dan kotak batere, mengikuti pola yang sudah dibuat dengan selotip. Setelah itu haluskan pinggir lubang dengan amplas.

Setelah semua lubang siap, pasanglah semua komponen pada tempatnya. Untuk kabel mic piezzo sebaiknya tidak dilekatkan pada body untuk mencegah ground noise yang terlalu besar.

Oh ya, teknologi piezzo kelas atas sekarang menggunakan catu daya 3 Volt yang ternyata sangat mengurangi ground noise dibanding yang masih memakai batere 9 Volt.

Kita lanjut, setelah semua terpasang rapi pada tempatnya, pasang kembali saddle pada bridge, dengan posisi menindih (menjepit) mic piezzo dengan bridge guitar. Seterusnya pasang dan setem (tuning) kembali senar gitar anda, dan gitar siap digunakan.

Untuk jelasnya dapat dilihat pada video eksperimen saya berikut ini, Adapun suara gitar yang mengiringi video ini adalah rekaman suara asli gitar hasil eksperimen ini.
Selamat mencoba.....





No comments: