Wednesday 28 October 2015

Jarak Senar ke Fretboard (Strings Action) Gitar Akustik untuk Fingerstyle

Kali ini kita membahas tentang Jarak Senar ke Fretboard (Action) Gitar Akustik untuk Fingerstyle. Jarak senar ke fretboard yang terlalu tinggi memang biasanya membuat gitar tidak terlalu nyaman untuk dimainkan. Penyebabnya antara lain bridge gitar yang terlalu tinggi atau memang neck gitar agak bengkok.

Ada tips untuk mengurangi jarak senar ke fretboard yang terlalu jauh atau terlalu renggang, salah satunya dengan merendahkan bridge gitar dengan cara diamplas. 

Ada juga tips untuk merendahkan jarak senar ke fretboard untuk gitar yang di dalam stang atau neck-nya menggunakan trussrod yaitu dengan memutar trussrod dengan kunci L sebanyak setengah putaran dan tunggu beberapa jam apakah ada perubahan jarak senar ke fretboard, dan amplas lagi bridge jika memang jarak yang diinginkan masih belum cukup.

Untuk jarak dari senar fretboard ada menyarankan seperti ini:

Jarak senar ke fretboard (yang disebut "action") tidak terlalu baku. Karena banyak pemain yang suka mengatur jarak itu karena style masing-masing pemain. Jarak yang terlalu besar akan menjadikan bermain lebih sulit. Jarak yang terlalu kecil akan menimbulkan fret noise (suara njepret) atau istilahnya fret buzz karena benturan senar dan fret-fret lain yang tidak ditekan. Tapi mungkin kalau mau mengikuti standar gitar salah satu pabrikan, ini bocorannya:
Atur sehingga jarak antara senar dan fret terakhir sebagai berikut:
senar 1 = E = 1.9 mm, senar 2 = B = 2.0 mm, senar 3 = G = 2.1 mm,
senar 4 = D = 2.2 mm, senar 5 = A = 2.3 mm, senar 6 = E = 2.4 mm 
Dan ada juga yang berpendapat  Jarak Senar ke Fretboard (Action) untuk Gitar Fingerstyle itu lebih tergantung kepada pemainnya apakah dia nyaman atau tidak, jadi memang ukurannya tidak baku, setiap orang berbeda-beda dalam style permainan gitarnya.

Mengukur Jarak Senar ke Fretboar Gitar Akustik
Mengukur Jarak Senar ke Fretboar Gitar Akustik

No comments: